Tuesday 6 January 2015

Perkembangan Teknologi komunikasi dan efeknya


Pada paper kali ini saya akan membahas tentang pemanfaatan teknologi komunikasi beserta efeknya. Apa sih yang di maksud dengan teknologi komunikasi? Apakah teknologi komunikasi itu sama dengan teknologi informasi? Secara luas memang masyarakat menganggap bahwa teknologi informasi dan komunikasi memiliki arti yang sama. Tapi kalau di telusuri lebih dalam teknologi informasi dan komunikasi tidak memiliki arti yang sama, mereka memiliki artinya sendiri.
Apa sih itu teknologi komunikasi? Teknologi komunikasi, hm,,,, yang terbayang dibenak ini pastilah tentang internet, handphone, telephone, dan informasi. Teknologi komunikasi merupakan tata cara pemanfaatan teknologi untuk pertukaran informasi. Teknologi komunikasi ini ada dua yaitu teknologi komunikasi analog dan digital. Untuk teknologi komunikasi analog atau tradisional yang biasa kita lakukan antara lain dengan berbicara, memberi isyarat dengan bunyi ataupun yang serang tanda. Dan yang sekarang telah dikembangkan adalah teknologi komunikasi digital, ya teknologi komunikasi digital inilah yang sekarang membawa banyak efek baik positif maupun negatif. Teknologi komunikasi digital sendiri memiliki artian teknologi yang berbasis sinyal elektrik komputer, sinyalnya bersifat putus-putus yang dibaca dengan menggunakan sistem bilangan biner. Dan sekarang berkembang menjadi tekonologi internet, telepon, sms dan banyak lagi yang lain.
komunikasi sangat penting manfaatnya bagi kehidupan masyarakat. Indonesia masih di sebut sebagai negara berkembang, karena tingkat ilmu dan teknologinya masih tertinggal di banding negara-negara Eropa. Di masa sekarang ini kita dihadapkan oleh kemajuan zaman yang bergerak sangat pesat dan beragam dengan segala alat-alat telekomunikasi yang super canggih. Masyarakat Indonesia sekarang lebih pintar dan ingin tahu apa yang sedang berkembang di negara-negara maju, karena tuntutan zaman dan kemajuan teknologi, mereka mulai menggunakan bermacam-macam alat telekomunikasi.
Teknologi komunikasi dirancang sedemikian rupa agar memudahkan masyarakat untuk kegiatan sehari-hari, telekomunikasi hadir karena masyarakat membutuhkannya. Para ilmuwan tidak henti-hentinya mencoba dan terus menelusuri, mengembangkan teknologi komunikasi agar lebih canggih dan modern, dengan inovasi dan kegunaan yang bermacam-macam manfaatnya bagi masyarakat dan sangat berguna untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik lagi dengan tingkat kemajuan zaman yang terus berkembang.
            Hadirnya sistim telekomunikasi di tengah-tengah masyarakat mendorong masyarakat itu sendiri untuk lebih menggali dan menggali lagi ilmu teknologi yang baru. Telekomunikasi merupakan suatu penemuan baru di dunia komunikasi sekarang ini, dengan telekomunikasi tercipta banyak alat-alat elektronik yang dapat dimanfaatkan tidak hanya dalam skala kecil tetapi dalam skala besar, seperti contoh ; telekomunikasi skala kecil bisa kita temukan pada alat telekomunikasi seperti, telepon yang biasa digunakan oleh masyarakat untuk berkomunikasi dengan orang lain. Sedangkan telekomunikasi secara besar bisa kita dapati dengan alat yang lebih canggih, seperti pengiriman surat melalu email, pengiriman data atau radar bagi transportasi laut dan udara.
Manfaat dan dampak telekomunikasi bagi masyarakat dan negara. Teknologi informasi merupakan sarana berkomunikasi yang modern, yang memudahkan manusia untuk berkomunikasi dengan siapapun. Komunikasi dapat dilakukan dengan telepon, hanphone, atau bahkan dengan internet. Telekomunikasi yang hampir tanpa batas ruang dan waktu. Internet misalnya, dengan internet, manusia mampu menjelajah dunia dan berkomunikasi dengan orang lain di seluruh dunia.
Teknologi komunikasi juga memberikan efek yang signifikan dalam mobilitas kehidupan baik secara segi positif dan negatif. Dimulai dari efek positif yang ditimbulkan oleh teknologi komunikasi antara lain adalah semakin cepatnya pertukaran informasi yang didapat satu orang dengan orang lain sehingga menjadikan orang lebih pintar, kritis dan berwawasan luas. Teknologi komunikasi digital ini pun sekarang sudah mulai merambah ke bidang-bidang kehidupan manusia antara lain pendidikan, perdagangan, bisnis, dan lain-lain. Segala aspek penting ini semakin berketergantungan dengan perkembangan teknologi yang ada. Dari awalnya hanya menggunakan kentongan untuk memanggil orang sekarang sudah ada handphone, internet, dan juga alat komunikasi berbasis teknologi dan informatika lainnya untuk menyampaikan informasi dari satu orang ke orang lain. Dalam berdagang dulu kita harus punya lapak atau toko namun sekarang kita hanya butuh pengetahuan tentang internet lalu menjual foto-foto barang yang anda jual, selain gampang , murah dan tentunya juga tidak melelahkan. Ya, itulah efek  positif dari perkembangan teknologi komunikasi.
Ada banyak bentuk pemanfaatan teknologi komunikasi, antara lain :
·         Perpustakaan Online
Perpustakaan online adalah perpustakaan digital yang ditempatkan di internet. perpustakaan online memungkinkan mahasiswa dapat mengakses sumber-sumber ilmu pengetahuan.
            ·         Diskusi Online
Diskusi yang dilakukan secara live (langsung) di internet yang memungkinkan para mahasiswa dapat berdiskusi, bertukar pikiran tanpa harus berkumpul disuatu tempat.
Teknologi komunikasi mampu memberikan manfaat yang begitu besar kepada masyarakat, namun juga tidak terlepas dari kerugian bagi masyarakat, sebagai contoh ; mendorong munculnya kejahatan jenis baru, kejahatan, pencurian, dan pemanfaatan data-data oleh orang – orang yang tidak berhak atau yang dikenal dengan cybercrime, dan mempermudah penyebarluasan karya-karya seperti pornografi.
            Kemajuan teknologi komunikasi juga dapat mendorong masuknya nilai-nilai budaya asing yang bersifat negative, seperti cara berpakaian yang tidak sesuai dengan norma dan etika, mendorong pergaulan bebas di kalangan remaja. Kondisi-kondisi ini muncul karena teknologi telekomunikasi yang memberikan beragam informasi yang mudah di akses. Informasi itu dapat bersifat positif ataupun negative.
            Tidak dapat disangkal lagi bahwa teknologi telekomunikasi telah mendorong terjadinya perubahan – perubahan penting di berbagai sudut dunia. Contohnya seperti telepon, terutama telepon genggam. Telah mengubah bagaimana cara orang – orang berkomunikasi, selain itu, penemuan jaringan internet pun telah memungkinkan orang dari seluruh dunia dapat saling berkomunikasi dengan cepat dan mudah
            Selain itu dampak negative lainnya adalah tampak nyata dengan semakin malasnya orang-orang berkumpul dengan tetangga, hilangnya rasa solidaritas dan gotong royong yang dulu menjadi kebanggaan dari bangsa ini. Belum lagi ketika kita berbicara teknologi komunikasi digital pasti disana yang terbayangkan adalah alat elektronik yang dimana semua itu beresiko terpancarnya radiasi yang dapat merusak sel-sel tubuh dan bahkan bisa menjadikan penyimpangan genetika.
            Seharusnya masyarakat sekarang ini tidak hanya memenuhi kebutuhannya saja dengan alat-alat yang modern namun harus pintar dan mengetahui terlebih dahulu apa dampak negative dan apa dampak positive dari teknologi yang kita miliki. Yups, seperti itulah efek teknologi komunikasi yang selalu mengiringi kehidupan ini mulai dari yang bersifat tradisional sampai ke yang modern seperti handphone, komputer, dan lain-lainnya. Semoga kita sebagai pelaku pemanfaatan teknologi komunikasi dapat memanfaatkan secara bijak dan bertanggung jawab. Jadilah pribadi yang memang memiliki wawasan luas bukan hanya tentang perkembangannya saja tapi juga apa saja dampak,kegunaan serta pengaruhnya bagi diri kita. Jangan hanya  bisa mengikuti zaman namun menyesal di kemudian hari. Itulah sekilas tentang pemanfaatan teknologi komunikasi beserta efeknya yang saya ketahui. Semoga bermanfaat buat kedepannya bagi si pembaca.

Sumber : komunikasi.us

1 komentar: